Analisis Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Unggul Dan Reguler Di SMP Negeri 2 Rejang Lebong

Alvionita, Intan and Cikdin, Cikdin and Indrawari, Karliana (2023) Analisis Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Unggul Dan Reguler Di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
intan.docx.pdf

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA UNGGUL DAN REGULER DI SMP NEGERI 2 REJANG LEBONG Abstrak Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan mengenai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Unggul dan Reguler dengan persamaan fasilitas, perlakuan serta metode dan materi pembelajaran yang di berikan, dan juga mengenai kriteria yang di gunakan dalam penentuan siswa masuk program kelas unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Adanya penggolongan kelas unggul dan reguler yang hanya di lihat berdasarkan dua kriteri yaitu nilai rapor dan rangking. Yang semestinya ada tujuh kriteria yang di terapkan dalam pelaksanaan program kelas unggul, dan tidak ada kebijakan tertulis atas di berlakukannya program kelas unggul, program ini di buat hanya untuk meningkatkan minat belajar siswa dan memotivasi siswa, supaya siswa/siswi di SMP Negeri 2 Rejang Lebong bersaing untuk mendapat nilai yang baik, supaya mampu masuk kelas unggul. Kemudian untuk Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas unggul dan reguler dengan fasilitas, perlakuan, materi serta metode pembelajaran yang sama namun memiliki hasil belajar yang berbeda. Dikatakan bahwasannya di golongkan menjadi program kelas unggul dan reguler, akan tetapi pada fenomena yang ada bahwa tidak ada yang di spesialkan untuk siswa kelas unggul. Semua yang di berikan kelas unggul itu juga yang di berikan untuk kelas reguler. Adanya perbedaan hasil belajar siswa unggul dan reguler itu karena di pengaruhi beberapa faktor internal dan eksternal. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kelas Unggul,Kelas Reguler,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Alvionita, Intanalvionitaintan15@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
D History General and Old World > D History (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:46
Last Modified: 09 Aug 2023 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item