Putri Utami, Sinta and Ratnawati, Ratnawati and Yulizah, Yosi (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kriits Pada Materi Lerubahan Energu Kelas 3 di SDN 07 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (Curup).
Text
SKRIPSI CD SINTA.pdf Download (4MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS 3 DI SDN 07 REJANG LEBONG Sinta Putri Utami NIM 19591221 Abstrak Penelitian ini dilakukan karena peserta didik masih cenderung pasif dan sedikit bertanya dan dalam proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah menggunakan model discovery learning; 2) Mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model dicovery learning pada materi perubahan energi siswa kelas 3 SD Negeri 07 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian pre-experimental one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan kepada kelas 3, dalam penelilitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji n gain, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil nilai sebelum menggunakan model discovery learning diketahui nilai menggunakan pretest dengan rata-rata 68,5, dan postests 76.88 dimana nilai tersebut diketahui sebelum diberikan perlakuan penggunaan model discovery learning terhadap siswa; 2) Setelah diberikan perlakuan dalam penggunaan model discovery learning menggunakan observasi, angket dan pretest-posttest yang diberikan kepada peserta didik. Dengan Dibuktikan data konkrit diperoleh rata-rata observasi 59,5 yang berarti cukup, persentase angket 74.4 % yang berarti baik. Dan rata-rata posttest 76,88 dengan nilai minimum 70 dan nilai maksimum 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis, berdasarkan hasil uji hipotesis Paired Samples Test siswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model discovery learning terhadap berpikir kritis pada materi perubahan energi menunjukkan signifikansi (2-tailed) = 0,00 ≤ 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika signifikansi (2-tailed) ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian sudah kita ketahui bahwasanya Model discovery learning memberi peningkatan terhadap berpikir kritis siswa pada materi perubahan energi di SDN 07 Rejang Lebong Kata Kunci : Discovery Learning, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education |
||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:32 | ||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:32 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4506 |
Actions (login required)
View Item |