Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong

Budiman, Budiman and Istan, Muhammad and Warlizasusi, Jumira (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 10 KARANG ANYAR KABUPATEN REJANG LEBONG.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meneliti gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan deskripsi komparatif. Menurut Denzin dan Licolin yang dikutip oleh Lexy J. Moleong, penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan latar belakang ilmiah yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan menggunakan berbagai metode yang ada. Dari pemaparan yang telah diuraikan maka dapat di konklusikan bahwa gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karang Anyar adalah tipe pemimpin yang Demokratis, Transformatif dan Kharismatik. Kemudian adanya peningkatan dari segi jumlah murid, pada tahun 2018 jumlah murid 95 orang dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 309 Orang, serta bertambahnya sarana yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar seperti ruang kelas yang sebelumnya hanya 6 lokal pada tahun 2018 dan sekarang di tahun 2022 bertambah 9 lokal ruang belajar sehingga total keseluruhan ruang belajar menjadi 15 lokal sedangkan untuk prasarana nya yang sebelumnya tidak ada seperti Drumband dan fasilitas olahraga. Kemudian secara pengelolaan seluruh sarana dan prasarana sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana yang telah dikemukakan para ahli, yaitu Merencanakan, Pengadaan, Penyimpanan, Penyaluran, Pendayagunaan, Pemeliharaan, Penginventarisan, Penghapusan. Dampak positif yang diaplikasikan dalam gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah meningkatnya penambahan bangunan gedung belajar maupun fasilitas umum lainya seperti WC dan Tempat berwudhu serta meningkatnya peminat peserta didik untuk menempuh pendidikan di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah karang anyar, begitu juga respon positif yang ditimbulkan oleh masyarakat umum, ketika kepala madrasah serta dewan guru menyambut kedatangan anak didiknya di depan pintu gerbang seraya bertegur sapa dan menyalami anak didiknya yang baru datang. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah , Pengelolaan SARPRAS

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Budiman, Budimanruangdigital0@gmail.com
Istan, MuhammadMuhammadistan@iaincurup.ac.id
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Contributors:
ContributionNameEmail
TeacherBudiman, Budimanruangdigital0@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:08
Last Modified: 09 Aug 2023 07:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item