Analisis Gaya Belajar Siswa Beerprestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 04 Kepahiang

Aprilia, Wila and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Sagiman, Sagiman (2023) Analisis Gaya Belajar Siswa Beerprestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 04 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Wila Aprilia.docx

Download (3MB)
[img] Text
Wila Aprilia.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KEPAHIANG Nama: Wila Aprilia NIM: 19531195 Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan siswa berprestasi di sekolah dasar negeri 04 kepahiang ketika proses pembelajaran berlangsung dalam kelas tinggi suasana belajar didalam kelas kurang kondusif. Siswa berprestasi di kelas tinggi selama proses belajar ada yang malas belajar dan kurang memperhatikan saat guru menjelaskan pada saat belajar dalam kelas tetapi dia bisa mendapatkan rangking dan menjadi juara kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriftif miles dan humbermen yang terdiri dari: reduksi data, peenyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dari ketiga gaya belajar yang dimiliki siswa berprestasi tersebut lebih menguatkan pada kesimpulan yaitu ada kecendrungan (dominasi) gaya belajar yang dimiliki tiap-tiap siswa yang kedua, faktor-faktor yang mempengaruhii gaya belajar siswa berprestasi pada mata pelajaaran PAI kelas 5c yang mempengaruhi gaya belajar siswa yang dimiliki setiap siswa . Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa beprestasi pada mata pelajaran PAI kelas 5c sdn 04 kepahiang diantaranya : faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi gaya belajar siswa diantaranya: Faktor jasmaniyah dan faktor psikologis. Sedangkan faktor-faktor eksternal yaitu faktor penggunaan metode belajar oleh guru PAI, faktor suasana kelas yang kondusif fan faktor menggunakan pertanyaan tingkat rendah oleh guru pai dalam mengevaluasi siswa. Kata Kunci: Gaya belajar , Siswa berprestasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprilia, Wilawillaaprilia2104@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Sagiman, Sagimansagiman@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:39
Last Modified: 09 Aug 2023 08:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item