Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Siswa Sman 3 Rejang Lebong Membuat Konten Negatif Di Media Sosial

Egidiah, Egidiah and Azwar, Beni and Hajjah, Dina (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Siswa Sman 3 Rejang Lebong Membuat Konten Negatif Di Media Sosial. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EGIDIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH SISWA SMAN 3 REJANG LEBONG DALAM MEMBUAT KONTEN NEGATIF DI MEDIA SOSIAL Oleh : Egidiah Safitri (16531037) Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Siswa SMAN 3 Rejang Lebong Dalam Membuat Konten Negatif Di Media Sosial. Oleh karena itu perlu di kaji Bagaimana penggunaan media sosial peserta didik di SMAN 3 Rejang Lebong dan Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Siswa SMAN 3 Rejang Lebong Dalam Membuat Konten Negatif di Media Sosial. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Peserta Didik. Jenis data yang di gunakan penulis ialah menggunakan data primer dan sekunder. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang di gunakan penulis ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa Peserta didik di SMAN 3 Rejang Lebong aktif dalam menggunakan media sosial sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Peserta didik telah mengenal bahkan menggunakan media sosial dengan berbagai jenis media sosial di kalanngan peserta didik, yaitu Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan Line. Media sosial tersebut digunakan dalam proses pembelajaran namun tidak jarang media sosial tersebut digunakan peserta didik untuk hal- hal negatif, seperti penyalahgunaan media sosial kemudian mengakses situs-situs terlarang dan yang sering terjadi seperti mengirim video yang di buat sendiri kedalam media sosial yang mengandung pornografi dan mempertontonkan aurat. Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi efek negatif media sosial di kalangan peserta didik SMAN 3 Rejang Lebong, yaitu pertama kegiatan pencegahan, kegiatan ini lakukan untuk mencegah peserta didik dari hal- hal negatif dari media sosial, kegiatan tersebut berupa kultum di setiap hari jumat, yang mana setiap tema kultum yang dibawakan oleh peserta didik berisikan tentang nilai- nilai pendidikan karakter, salat Zuhur berjamaah, membaca surah-surah pendek sebelum pembelajaran, dan kegiatan baca tulis al-Quran. Kedua kegiatan pemberian bimbingan, dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memberikan bimbingan berupa nasehat, arahan, dan teguran kepada peserta didik baik dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Ketiga kegiatan pemberian sanksi, kegiatan ini berupa pemberian tugas-tugas seperti tugas hapalan, pemberian sanksi ke guru bimbingan dan konseling hingga pemanggilan orang tua. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Efek Negatif,Media Sosial,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Egidiah, Egidiahegidiahsafitri98@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Hajjah, Dinadinahajjah@iaincurup.co.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:11
Last Modified: 09 Aug 2023 03:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item