Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 4 Rejang Lebong

Dwi, Silvia and Kurniawan, Kurniawan and Supardan, Dadan (2023) Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SILVIA DWI FULL TEXT.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Pertama, kurikulum yang digunakan terlalu berat. Kedua, kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam menangkap kata kunci dalam SK dan KD. Ketiga, mengajar berdasarkan buku teks (textbook centre). Keempat, praktek mengajar Pendidikan Kewarganegaraan Sejauh ini, pendekatan yang lebih konvensional telah dilakukan. Kelima, belajar tanpa kontekstual. Keenam, penilaian cenderung mengarah pada persepsi. Pertama, kurikulum yang digunakan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa SD. Kedua, menangkap dan memahami kata kunci dalam SK dan KD secara benar. Ketiga, mengajar harus mempunyai persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran karena, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memegang peranan penting bagi guru dalam mengajar bisa diibaratkan kompas bagi guru untuk menentukan ke mana pembelajaran akan dibawa. Keempat, mengajar dengan pendekatan konstruktivisme. Kelima, belajar berdasarkan fakta atau kenyataan. Keenam, penilaian harus bersifat keseluruhan (persepsi, afektif, psikomotor). Untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN 4 Rejang Lebong. Metode penelitian adalah cara yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan bahan penelitian dan membandingkannya dengan standar dimensi yang telah ditentukan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Pre-Experimental Designs (Non-Design) sebagai kelompok pembanding umum, yaitu. H. variabel penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis Metode pembelajaran jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan sumbangan sebesar 20.5% yang artinya jika metode pembelajaran jigsaw mengalami perubahan pada arah kebaikan akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 20,5%. Dapat disimpulkan sumbangan pengaruh penerapan metode pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap terhadap hasil belajar siswa, artinya hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Rejang Lebong lebih banyak di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dwi, SilviaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Supardan, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Jigsaw, pendidikan, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:49
Last Modified: 09 Aug 2023 06:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item