Rianto, Rianto and Mustar, Saidil and Sagiman, Sagiman (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada SMPN 13 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
CD skripsi full 8, Agustus 23.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Kelas VII Di SMPN 13 Lebong Oleh: Rianto (19531141) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas, banyak pelajar menganggap proses pembelajaran tidak menyenangkan. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung secara monoton, serta tidak melibatkan siswa pada untuk terlibat aktif pada proses pembelajaran. Kajian ini bermaksud untuk mengetahui: (1) Peran guru Pendidikan Agama Isam (PAI) sebagai motivator di SMPN 13 Lebong. (2) Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Lebong.(3) Peran guru Pendidikan Agama Isam (PAI) sebagai motivator dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 13 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Dari kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal- hal berikut: (1) Peran guru Pendidikan Agama Isam (PAI) sebagai motivator di SMPN 13 Lebong yaitu dengan melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa tidak merasa bosan. (2) Adapun efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Lebong sudah dapat berjalan efektif, hal ini dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran, meskipun masih menggunakan kurikulum 2009, pola respon dan kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang kian hari semakin meningkat, serta situasi belajar yang menyenangkan. (3) Peran guru Pendidikan Agama Isam (PAI) sebagai motivator dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Lebong dilakukan dengan cara memotivasi siswa agar memiliki gairah untuk belajar, memberikan penilaian kepada siswa di setiap akhir pembelajaran, serta memberikan apresiasi/hadiah kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Dengan cara yang demikian itu maka tercapainya efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Lebong, dengan berlandaskan pada tercapainya tujuan pembelajaran, pola respon serta kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang di sampaikan pada proses pembelajar di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:30 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4467 |
Actions (login required)
View Item |