Strategi Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong

Yurika, Tince Ajeng and Nuzuar, Nuzuar and Sumarto, Sumarto (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS TINCE AJENG YURIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah, keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan faktor penting yang menentukan berjalan atau tidaknya organisasi. Di tangan kepala sekolah aktifitas program dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an memerlukan strategi yang baik. Strategi yang baik nantinya akan menghasilkan output yang baik pula dalam menjalankan program agar berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian ini adalah case study yaitu penelitian untuk merumuskan suatu kasus atau kejadian dengan menggunakan prinsip logika kausalitas (sebab akibat).. Sumber data diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah dan guru tahfidz. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dukumentasi yang berkaitan dengan strategi kepala sekolah dalam melaksanakan program tahfidzul qur’an. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, serta teknik analisis data berupa proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa strategi kepala sekolah dalam melaksanakan program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong yaitu: 1) Strategi kepala sekolah di SD Negeri 07 Rejang Lebong yaitu; menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua, muroja’ah di luar jam program tahfidz, menyediakan sarana dan prasarana, mengevaluasi kegiatan program tahfidz dan memberikan reward 2) Pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an di SD Negeri 07 Rejang Lebong adalah di awali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 3) Dampak Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Di SD Negeri 7 Rejang Lebong yaitu semakin termotivasinya siswa dalam menghafal Al Qur’an, hafalan anak-anak meningkat dari sebelum mereka mengikuti program tahfidzul qur’an, membentuk karakter siswa dan terakhir yaitu menarik minat peserta didik baru. 4) faktor pendukung pelaksanaan program Tahfidz; motivasi, tersedianya guru tahfidz, dukungan dari lingkungan sosia, penghambatnya yaitu: belum fasih membaca Al Qur’an dan jarang mengulang hafalan

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Yurika, Tince AjengUNSPECIFIED
Nuzuar, Nuzuarnuzuar63@gmail.com
Sumarto, SumartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Program Tahfidzul Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:00
Last Modified: 08 Aug 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item