Ardeska, M Fikri and Sutarto, Sutarto and Kusen, Kusen (2023) Implementasi Pakem Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 20 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS MFA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi PAKEM pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 20 Lebong, Ketenong 1, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, peneliti melihat bahwa masih ada permasalahan yang lain juga di sekitar kita, siswa yang telah lulus dari sekolah tidak mampu berbuat banyak di lingkungannya. Mereka menjadi terasing dengan lingkungannya. Karena apa yang mereka pelajari dibangku sekolah adalah apa yang ada dalam buku bukan permasalahan lingkungan yang sehari-hari mereka temukan dan rasakan. Pembelajaran yang bersifat tekstual dan tidak kontekstual, sehingga ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan hanya bisa disimpan dalam memori dan tidak bermanfaat bagi kehidupannya, Oleh karena itu perlu di kaji bagaimana kesiapan Guru PAI Dalam Melaksanakan pembelajaran aktif,kreatif,efektif, dan menyenangkan (PAKEM), kemudian bagaimana pelaksanaan PAKEM dan respon siswa terhadap penerapan PAKEM. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah. Jenis data yang di gunakan penulis ialah menggunakan data primer dan sekunder. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang di gunakan penulis ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Dari hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa Kesiapan guru dalam pelaksanaan PAKEM di SMPN 20 Lebong itu sendiri sudah berjalan dengan baik, dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan juga menemukan bahwa penerapan PAKEM itu sendiri belum bisa dikatakan terlaksana sepenuhnya. Kemudian Tahap penerapan model pembelajaran PAKEM ialah pertama-tama menggunakan alat peraga (media pembelajaran) sebagai alat bantu pembelajaran yang mampu menampilkan pembelajaran yang kontekstual. Kedua metode pembelajaran yang dapat menerapkan pembelajaran yang dinamis, kerjasama, siswa aktif, guru kreatif, integrasi kurikulum, efektif dan menyenangkan. Tahap penerapan model pembelajaran PAKEM di SMPN 20 Lebong ialah di awali dengan mempersiapkan RPPH nya lalu sesuaikan lah kegiatannya, Dan Respon dari siswa cukup baik dalam pelaksanaan PAKEM di SMPN 20 Lebong, seperti yang di jelaskan melalui wawancara di atas bahwa untuk pelaksanaan PAKEM itu sendiri baru di terapkan di SMPN 20 Lebong dan dari hasil penerapan itu sudah terlihat perkembangan siswa dalam belajar, siswa lebih aktif dalam belajar dan juga ada perubahan terhadap akhlak mereka karena dari penerapan PAKEM yang menggunakan media sehingga siswa lebih cepat untuk memahami materi pembelajaran itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4457 |
Actions (login required)
View Item |