Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Karakter Siswa Kelas V di SDN 02 Rejang Lebong

Silvia, Eno and Kurniawan, Kurniawan and Bahri, Syaiful (2023) Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Karakter Siswa Kelas V di SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_REVISI_ENO[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V DI SDN 02 REJANG LEBONG Oleh : Eno Silvia (18591037) ABSTRAK Tingkat pendidikan orang tua yaitu suatu tatanan, jenjang pendidikan, tingkat atau tatanan yang diselesaikan oleh orang tua semasa menempuh bangku pendidikan. terhadap tiga tingkatan pendidikan yaitu Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi. Akhlak merupakan tabiat atau sifat seseorang, yakni keadaan jiwa yang telah terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar telah melekat sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan sopan tanpa dipikirkan dan diangan-angan lagi. Berdasarkan observsi awal, yang dilakukan oleh peniliti di SDN 02 Rejang Lebong bahwasannya terdapat siswa-siswi dengan beragam karakter pada masing-masingnya, salah satu contohnya masih banyak siswa yang susah untuk diberi arahan oleh gurunya, dan juga masih terdapat siswa yang terlambat masuk sekolah, ada siswa yang tidak memberi salam saat bertemu guru, dan ada juga siswa yang tidak membuat PR (pekerjaan rumah) dengan alasan tidak ada yang membimbing dirumah.Tingkat pendidikan orang tua siswa di SDN 02 Rejang Lebong diketahui sudah memiliki pendidikan yang cukup. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pendidikan orang tua terhadap karakter siswa kelas V di SDN 02 Rejang Lebong. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 – Desember 2022. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa dengan sampel 93 siswa kelas V di SDN 02 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode angket sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai pendukung, dan observasi sebagai penguat angket. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > t tabel yaitu 0,526 maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang. Jadi, dari hubungan yang ada menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara pendidikan orang tua terhadap karakter siswa menjelaskan besarnya nilai korelasi sebesar 0,526 yang berarti bahwa pendidikan orang tua terhadap karakter siswa adalah 52,6% dan sisanya 47,4% dari faktor lainya. Kata Kunci : Pendidikan, Orangtua, Karakter Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Silvia, Enoenosilvia06@gmail.com
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Bahri, SyaifulSyaiful@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:48
Last Modified: 09 Aug 2023 02:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4453

Actions (login required)

View Item View Item