Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Cinta Damai Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Rejang Lebong

Taurusia, Vitria Adelia (2019) Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Cinta Damai Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 REJANG LE~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penanaman nilai-nilai karakter cinta damai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP 3 Rejang Lebong. Namun sejauh ini penanaman nilai-nilai karakter cinta damai tersebut belum terungkap secara nyata sehingga perlu untuk didalami. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang guru pendidikan agama Islam mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter cinta damai pada siswa kelas VIII di SMP 3 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Kualitatif. Dengan sumber data utama guru PAI dan murid. Lokasi penelitian adalah : SMP N 3 Rejang Lebong. Teknik pengmpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang daiperoleh analisis dengan langkah-langkah ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian :1. Nilai-nilai karakter cinta damai yang ditanamkan dalm pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 3 Rejang Lebong adalah siswa harus saling menghormati sesama teman dan orang yang lebih tua, siswa juga harus saling mengayomi, saling menghargai, saling membantu dan juga saling menyayangi sesama teman sebaya dengan begitu siswa mengerti prilaku yang baik atau yang boleh dilakukan dan mana prilaku buruk yang tidak boleh dilakukan. 2. Cara guru pendidikan agama Islam menanamkan karakter cinta damai dalam pembelajaran dengan cara menjelaskan tentang materi tersebut dan menjelaskan apa akibat jika melanggar perilaku tersebut. Dan setiap ada waktu diakhir pelajaran biasanya diceritakan tentang kejadian alam agar siswa tidak melakukan perilaku tercela dan selalu mengingat yang maha kuasa. Selain itu juga sebagai seorang guru jika murid melakukan prilaku tercela seorang guru harus menasehatinya dan juga sebagai seorang guru harus berprilaku yang baik juga karena guru adalah contoh bagi muridnya. 3. Dalam penanaman karakter cinta damai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terdapat faktor pendukungnya yaitu: faktor diri sendiri, faktor keluarga, faktor sekolah, sedangkan faktor penghambat penanaman karakter cinta damai dalam pembelajaran adalah faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Taurusia, Vitria AdeliaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSutarto, SutartoUNSPECIFIED
ReviewerNurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pembelajaran; Karakter Cinta Damai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item