Rasmini, Rasmini and Fakhruddin, Fakhruddin and Sumarto, Sumarto (2023) Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Di SMKS 6 Pertiwi Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PENGUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ).pdf Download (6MB) |
Abstract
Nama Rasmini,NIM 21871015, Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Di SMKs 6 Pertiwi Curup, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam ( PAI ), 2023.135 halaman Pendidikan Agama Islam menekankan kedudukan akhlak termasuk menghargai sesama atau toleransi sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Mata pelajaran pendidikan gama Islam (PAI) adalah salah satu pembelajaran intrakurikuler, yaitu sebagai pendukung dalam merealisasikan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif.sumber data diperoleh dari hasil Observasi lingkungan sekolah, wawancara, dengan kepala sekolah, waka kurikulum,guru pendidikan Agama Islam, peserta didik muslim dan peserta didik non muslim dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dispplay data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan tersebut adalah membentuk kepribadian muslim yaitu suatu kepribadian yang seluruh aspeknya dijiwai oleh ajaran Islam.Terdapat nilai-nilai dalam pendidikan toleran yang diperlukan dikembangkan pada dunia pendidikan, belajar dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian, Menjunjung Tinggi Sikap Saling Menghargai. Adapun dasar nilai-nilai toleransi yang diterapkan adalah berdasarkan nilai-nilai Pancasila, Budaya, Agama dan Tujuan Pendidikan Nasional. Penerapan penguatan nilai-nilai toleransi di SMKs 6 pertiwi Curup sudah diterapkan dengan baik. Adapun toleransi yang diterapkan adalah bersikap lapang dada, menghargai, memahami antara satu sama lain, serta memperbolehkan seseorang untuk mempunyai keyakinan yang berbeda, seperti dari segi Agama, segi Budaya, dan menghormati pendirian seseorang, menghormati pendapat orang lain. Dampak internal nila-nilai toleransi itu berdampak untuk diri sendiri, dikeluarga dan dapat saling menghargai dan menghormati dengan teman. Dampak faktor eksternal penguatan nilai-nilai Toleransi terbiasa untuk menghargai orang yang lebih tua dan teman, Saling percaya dan santun dilingkuan sekitar dan Saling menghargai keyakinan masing-masing di lingkungan masyarakat. Kata kunci : Nilai-Nilai, Toleransi dan pembelajaran pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:41 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4435 |
Actions (login required)
View Item |