Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Marakter Siswa (Studi di SMPN Se Kecamatan Tugu Mulyo)

Irama, Asep (2018) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Marakter Siswa (Studi di SMPN Se Kecamatan Tugu Mulyo). Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
TESIS ASEP IRAMA, 16861004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Karakter bertujuan untuk membentuk karakter siswa, karakter dapat dibentuk dan dibina melalui keluarga, lingkungan sekitar, lembaga formal dan informal, Organisasi ekstra kulikuler parmuka, pendidikan karakter sudah mulai digalakan pada kurikulum 2006 dan dipertajamlagi pada kurikulm 2013, ektrakurikulum pramuka salah satu ekstrakurikuler yang diwajibkan disetiap sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 sesuai dengan permendikbud no 63 tahun 2014 pramuka adalah ekstrakurikuler wajib disetiap sekolah yang bertugas untuk membantuk membentuk karakter siswa diluarjamsekolah dan didalam lingkungan sekolah, kegiatan kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa dapat saja membentuk karakter yang diinginkan jika terkelola dengan baik, karakter yang dimaksud adalah, Religius, Nasionalis, Gotong royong dan Disiplin. namun pada realitanya banyak kegiatan pramuka belum dapat membentuk karakter siswa yang terjadi disekolah-sekolah, sehingga peneliti mencari permasalahan yang terjadi secara menjadalm untuk membantu perbaikan, pemgelolaan dan penerapan kegiatan pramuka sehingga dpaat menumbuhkan karakter siswa. sejalan dengan tujuan penelitain tersebut diatas maka penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif diskriftif dengan mengamati objek permasalah dengan terjun langsung kelapangan dan melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung dan mendokumentasikan kegiatan tersebut sebagai bukti penelitian, sebagai populasinya pada penelitaian ini adalah anak pramuka tingkat penggalang di SMPN sekecamatan Tugumulyo, data yang didapat dikumpulkan untuk dipilah-pilah lalu disatukan yang sesuai dengan tujuan penelitan, yang hasilnya banyak para Pembina yang belum mengelola kegiatan pramuka dengan baik, karena meraka tidak tahu cara mengelolanya, adjuga karena prapembina tersebut belum mengikuti Kursus Mahir, dan kurangnya pengawasan dan evaluasi. karakater Religius, Nasionalis, Gotong royong, dan disiplin dapat terbentuk dengan pembiasaan dalam setiap kegiatan kepramukaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Irama, AsepUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
ReviewerYanto, MurniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler Pramuka;Pembentukan Karakter
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item