Ajijah Nur, Siti and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2023) Implementasi Program Literasi Sekolahdi Sd Negeri Sukamaju Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI AZIZAH BAB 1-5.pdf Download (4MB) |
Abstract
IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI SUKAMAJU MUSI RAWAS Oleh: Siti Nur Ajijah 19591224 Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pelaksanaan program literasi sekolah di SD Negeri Sukamaju Musi Rawas yang berperan penting untuk menumbuhkan minat baca siswa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan berbagai tahap dalam melaksanakan program literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program literasi sekolah di SD Negeri Sukamaju Musi Rawas serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program literasi sekolah di SD Negeri Sukamaju Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan telaah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menujukkan pelaksanaan program literasi di SD Negeri Sukamaju Musi Rawas dilaksanakan berdasarkan tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, menyediakan perpustakaan, menyediakan pojok baca di kelas dan pohon baca di luar kelas, serta menyediakan mading kelas. Pada tahap pengembangan melakukan membaca terpadu dan membaca bersama. Pada tahap pembelajaran melakukan menata kelas dengan berbasis literasi, menyimpulkan hasil bacaan yang telah dibaca siswa, dan menjelaskan kembali isi bacaan yang dibaca siswa. Faktor pendukung yang ada di SD Negeri Sukamaju yaitu berupa pustaka, buku bacaan, mading kelas, dan pojok baca. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat seperti kebiasaan siswa yang kurang terhadap kegiatan membaca dan perpustakaan yang tidak berjalan dengan baik dikarenakan belum ada tenaga khusus untuk mengelola perpustakaan. Kata Kunci : Program literasi, Faktor pendukung literasi, Faktor penghambat literasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:12 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4424 |
Actions (login required)
View Item |