Ani, Fitri Andri Ani and Zulaiha, Siti and Amrillah, H.M Taufik (2023) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (Hots) Di Kelas V Sdit Rabbi Radhiyya 02. Sarjana thesis, Institus Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI pgmi fitri andri ani.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia yang mengadaptasi model penilaian berstandar internasional yang mana penilaian hasil belajar menitikberatkan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS) maka untuk meningkatkan ketrampilan HOTS tersebut memerlukan model pembelajaran yang efektif yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan High Order Thinking Skills di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya 02 serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Implementasi model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya 02 dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran, kemudian pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan sintaks pembelajaran Discovery Learning yaitu pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi data, serta penarikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran Discovery Learning dilakukan dengan cara observasi serta pemberian tes LKPD berbasis HOTS. (2) Faktor pendukung implementasi model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya 02 yaitu kompetensi guru, fasilitas atau sarana dan prasarana memadai, keaktifan dan kreatifisan siswa, serta kontribusi orang tua. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat implementasi model pembelajaran Discovery Learning yaitu kondisi psikogis siswa serta situasi dan kondisi siswa di kelas. (3) Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan High Order Thinking Skills siswa di kelas V SDIT Rabbi Radhiyya 02 yang diukur dengan siswa mampu dalam menganalisis masalah, mampu mengevaluasi masalah hingga mampu menciptakan materi pembelajaran yang telah mereka pelajari. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, High Order Thinking Skills
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:47 | ||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4420 |
Actions (login required)
View Item |