Pengaruh Iklan Investasi Aplikasi Profit Anywhere dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Membuka Akun Investasi di Pasar Modal Syariah

Permadi, Gelong and Widianita, Rika and Ilhamiwati, Mega (2023) Pengaruh Iklan Investasi Aplikasi Profit Anywhere dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Membuka Akun Investasi di Pasar Modal Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Gelong Permadi (Ekonomi Syariah).pdf

Download (39MB)

Abstract

Pengaruh Iklan Investasi, Aplikasi Investasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Membuka Akun Investasi di Pasar Modal Syariah ABSTRAK Iklan investasi merupakan salah satu strategi dalam mempromosikan produknya seperti halnya sosialisasi dari sekuritas dan pihak Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bengkulu. Aplikasi investasi yang berkembang pesat membuat investor lebih mudah dan cepat untuk melakukan transaksi investasi. Sumber pengetahuan yang tersebar luas dari internet atau pelatihan seminar seperti kegiatan dari Galeri Investasi Syariah IAIN Curup. Namun faktanya mahasiswa ekonomi syariah yang sudah membuka akun investasi hanya ada beberapa yang berinvestasi di pasar modal syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan investasi, aplikasi investasi dan pengetahuan terhadap minat mahasiswa dalam membuka akun investasi di pasar modal syariah. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, teknik analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS4.0, data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2021 yang membuka akun investasi saham berjumlah 156, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 110 orang berdasarkan tabel Issac dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of eror sebesar 5%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Analisis deskriptif, analisis Model Partial Least Square, analisis Outer model dan Inner model dan Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan investasi (X1) apabila tstatistik 3.286 lebih besar dari ttabel 0.001 (3.286 > 0.001) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0.001 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel Iklan Investasi(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Mahasiswa untuk membuka akun investasi di pasar modal syariah (Y), Aplikasi Profit Anywhere (X2) apabila tstatistik 0.938 lebih besar dari ttabel 0.348 (0.938 > 0.348) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0.348 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel Aplikasi Profit Anywhere (X2) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mahasiswa membuka akun investasi di pasar modal syariah(Y), sedangkan Pengetahuan (X3) apabila tstatistik 5.587 lebih besar dari ttabel 0.000 (5.587 >0.000) dengan nilai signifikani lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan variabel Pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mahasiswa untuk membuka akun investasi di pasar modal syariah (Y). R-Square = 0.819 hasil tersebut berarti bahwa variabel bebas iklan investasi (X1), Aplikasi Profit Anywhere (X2) dan Pengetahuan (X3) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat. Sedangkan nilai R-square adjusted =0.813 hasil tersebut berarti bahwa variabel minat memiliki pengaruah 0.813 dari variabel lain. Kata Kunci: Iklan, Aplikasi, Pengetahuan, dan Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Permadi, Gelongpermadigelong13@gmail.com
Widianita, RikaUNSPECIFIED
Ilhamiwati, Megamega83.teyze@gmail.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:31
Last Modified: 08 Aug 2023 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item View Item