Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Sehati Didesa Tik Kuto Kec. Rimbo Pengadang Kab. Lebong

Allen, Allen and Hendrianto, Hendrianto and Wijaya, Harianto (2023) Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Sehati Didesa Tik Kuto Kec. Rimbo Pengadang Kab. Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ALLEN (19631002) PERBANKAN SYARIAH-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana persepsi masyarakat muslim terhadap anggota koperasi sehati di desa Tik Kuto dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat muslim menjadi anggota koperasi sehati didesa Tik Kuto, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat muslim di desa Tik Kuto dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat muslim menjadi anggota koperasi sehati. Subjek penelitian ini adalah masyarakat muslim yang sudah menjadi anggota koperasi sehati di desa Tik Kuto Kec. Rimbo Pengadang Kab. Lebong yang yang sudah menjadi anggota dan yang belum menjadi anggota koperasi sehati. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunkan reduksi data, penyajian data dan pembuktian kebenaran. Keabsahan data ini menggunakan 2 triangulasi yaitu sumber dan Teknik. persepsi dan pemahaman masyarakat muslim yang sudah menajadi anggota sehati sudah baik dan mendapatkan nilai positif dikarenakan pengetahuan produk yang ditawarkan koperasi sesuai serta dan promosi yang sering dilakukan pihak koperasi. Ada dari masyarakat muslim mengetahui dan paham tentang koperasi karena sosialisasi langsung yang dilakukan pihak koperasi sehati dan ada juga yang hanya mendengar dari masyarakat sekitar dan pedagang yang mampir ditoko dan karean lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh masyarakat memudahkan mereka untuk mengatahui produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. faktor-faktor yang mempengaruhi untuk menjadi anggota koperasi antara lain, Faktor keluarga, faktor ekonomi, faktor lokasi, faktor produk. Dari ke 4 faktor tersebut yang paling dominan dan menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan masyarakat muslim menjadi anggota koperasi sehati adalah faktor lokasi yang dekat dan mudah dijangkau sehinga memudahkan, faktor ekonomi juga menjadi faktor penting melihat dari masyarakat yang sebagian besar bekerja sebagai petani kopi dan wirausaha. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat Muslim, Keputusan, Koperasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Allen, Allenalleeentaaa@gmail.com
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Wijaya, HariantoWijayamharianto@yahoo.co.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:36
Last Modified: 08 Aug 2023 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item