Strategi Guru Kelas Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di Sd Negeri Sukaraja Kabupaten Musi Rawas Utara

Astuti Widia Reka, Reka and Mustar, Saidil and Cikdin, Cikdin (2023) Strategi Guru Kelas Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di Sd Negeri Sukaraja Kabupaten Musi Rawas Utara. Sarjana thesis, Imstitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi reka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mengembangkan karakter siswa sangat penting dilakukan, karena saat ini persoalan karakter senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari zaman kezaman. Perkembangan karakter siswa banyak dipengaruhi oleh lingkungannya, siswa memperoleh nilai-nilai yang ada dalam lingkungannya. Dalam mengembangkan karakter religius siswa di sekolah, peranan guru begitu penting, guru harus bisa menciptakan lingkungan yang kondusif dan agamis baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Akan tetapi kenyataanya banyak siswa yang belum memiliki karakter religius. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dalam mengembangkan karakter religius siswa di SDN Sukaraja Kabupaten Musi Rawas Utara. dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam mengembangkan karakter religius siswa di SDN Sukaraja Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif deskritif, yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas VA dan VB dan guru pendidikan agama islam . penelitian ini dilaksankan di SDN Sukaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun tekniknya menganalisis data ialah dengan reduksi data,, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, terdapat kesimpulan bahwa strategi guru kelas dalam mengembagkan kara kter religius siswa terdapat 2. yaitu: Menggunakan keteladanan dan pembiasaan. Faktor mempengaruhi ada 2 yaitu: 1) Faktor penghambat yaitu: a) Kurang adanya kesadaran dari diri siswa. b) Lingkungan masyarakat (pergaulan). c) Latar belakang siswa yang kurang mendukung. d) Pengaruh media sosial dari handphone dan tayangan televise. dan 2) Faktor pendukung yaitu: a) Adanya dukungan dan motivasi dari orang tua. b) Adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membentuk karakter religius siswa. c) Adanya dukungan positif di sekitar sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti Widia Reka, Rekarekalinggau1702@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:41
Last Modified: 08 Aug 2023 04:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item