Korelasi Penggunaan Metode Takrir Dalam Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Tahfidz Qur’an Mis Guppi 13 Tasik Malaya

Parensa, Ayu and Kurniawan, Kurniawan and Putra, Muksall Mina (2023) Korelasi Penggunaan Metode Takrir Dalam Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Tahfidz Qur’an Mis Guppi 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI AYU PARENSA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hafalan Al-Qur’an surah pendek di MIS Gupi 13 Tasik Malaya. Hafalan Al-Qur’an menjadi tolak ukur peserta didik agar memiliki hafalan setelah selesai menyelesaikan pendidikan di madrasah. Madrasah ini memiliki ekstrakulikuler tahfidz Qur’an untuk menghafal juz 30. Proses menghafal Al-Qur’an guru menggunakan metode takrir untuk kelancaran kegiatan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian dilakukan untuk menguji hubungan peningkatan hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir yang telah diterapkan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasi. Populasi penelitian berjumlah tiga puluh siswa tahfidz Qur’an. sampel penelitian diambil dari seluruh jumlah populasi yaitu sebanyak tiga puluh sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, uji t, dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kemampuan menghafal Al-Qur’an juz tiga puluh siswa tahfidz Qur’an yang digolongkan menjadi lima tingkatan kemampuan menghafal yaitu tingkatan mengahafal satu, dua, tiga, empat dan lima yang terdapat surah-surah pendek yang telah ditentukan., Penerapan metode takrir dilakukan beberapa langkah pertama guru membacakan bacaan, kemudian siswa mengikuti bacaan guru, siswa menghafal sedikit demi sedikit ayat yang dihafal, Siswa mengulang bacaan hingga hafal, guru mengetes siswa dengan menunjuk siswa agar mengulang bacaan yang telah dihafal, dan guru menyimak bacaan siswa., Korelasi penggunaan metode takrir terhadap hafalan Al-Qur’an juz 30 yaitu dengan hasil sebesar lima ratus lima belas terdapat interpretasi hubungan sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Parensa, Ayuparensaayu@gmail.com
Kurniawan, Kurniawankurniawaniaincurup@ac.id
Putra, Muksall Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:23
Last Modified: 07 Aug 2023 04:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item