Pengaruh Media Kahoot Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD NEGERI 134 REJANG LEBONG

Kurnia, Ika and Susilawati, Susilawati and Supardan, Dadan (2023) Pengaruh Media Kahoot Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD NEGERI 134 REJANG LEBONG. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRPSI IKA KURNIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA KAHOOT BERBASIS GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 134 REJANG LEBONG OLEH: IKA KURNIA NIM.19591101 Penelitian ini dilatar belakaangi oleh adanya masalah yaitu nilai yang di peroleh siswa tidak memuaskan karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan media kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media kahoot terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 134 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Dengan pendekatan (quasi experimen). Sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest Posttest Control Grub Design, yaitu dengan melakukan (pretest) dan (postest) di kelas kontrol, dan di kelas eksperimen melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakuan (treatment) kemudian dilakukan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan yang segnifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana presentasi ketuntasan belajar di kelas eksperimen 80% sedangkan di kealas kontrol 48,5%. Disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha ditrima, yang artinya terdapat pengaruh yang segnifikan antara media kahoot terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN 134 rejang Lebong. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurnia, Ikakurniaika814@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Supardan, Dadandadan.supardan@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:53
Last Modified: 07 Aug 2023 03:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item