Problematika Siswa Kelas V Dalam Pelaksanaan Program Tahfis Qur'an Di Sdit Rabbi Radhiyyah 01 Sidorejo

Putriani, Leni and Nuzuar, Nuzuar and Putra, Alven (2023) Problematika Siswa Kelas V Dalam Pelaksanaan Program Tahfis Qur'an Di Sdit Rabbi Radhiyyah 01 Sidorejo. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
LENI SKRIPSI FIKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

PROBLEMATIKA SISWA KELAS V DALAM PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIZ QUR’AN DI SDIT RABBI RADHIYYA 01 SIDOREJO ABSTRAK Problematika Siswa Kelas V Dalam Pelaksanaan Program Tahfiz Qur’an Di Sdit Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Problem dalam menghafalkan Al-Qur’an terbagi menjadi dua bagian yaitu problem yang berasal dari dalam diri siswa atau seseorang seperti malas, mudah putus asa, tidak bersemangat dan problem yang berasal dari luar diri seseorang atau siswa seperti tidak mampu mengatur waktu dengan efektif, kurang muroja’ah dan kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan terkait dengan Problematika Siswa kelas V Dalam Pelaksanaan Program Tahfiz Qur’an Di Sdit Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo. Sumber datanya adalah guru dan kepala sekolah SDIT Sdit Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan problematika siswa kelas V dalam pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo yaitu: (1) Tidak sabar, malas, berputus asa; (2) Kurang mampu membaca Al Qur’an dengan baik; (3) Kurang mampu mengatur waktu; (4) Kurangnya melakukan muroja’ah. Adapun solusi yang diberikan dari problematika tersebut yaitu: (1) Memberikan motivasi dan mengingatkan fadhilah dan tujuan menghafal Al-Qur’an agar siswa terus semangat menghafal Al-Qur’an. (2) Menyelingi pembelajaran ilmu tajwid disetiap pembelajaran tahfizh. (3) Membuat jadwal kegiatan menghafal secara sistematis seperti setiap selesai melaksanakan shalat fardhu dan menghafal di waktu kosong. (4) Mewajibkan siswa untuk muroja’ah hafalan Al-Qur’an setiap selesai mengerjakan sholat fardhu selama 15 menit dan setelah menyetorkan hafalan baru saat pembelajaran tahfizh berlangsung. Kata kunci : Problematika Pelaksanaan, Program Tahfiz Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putriani, Lenileniputriani170201@gmail.com
Nuzuar, Nuzuarnuzuar63@gmail.com
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:56
Last Modified: 07 Aug 2023 03:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item