Efektivitas Mentoring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kelas VII SMP It Khoiru Ummah Curup

Veronica, Venny (2019) Efektivitas Mentoring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kelas VII SMP It Khoiru Ummah Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
EFEKTIVITAS MENTORING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi saat ini yang sangat miris dengan keadaan akhlak/prilaku/moral siswa yang semakin hari kian buruk khususnya yang kurang perhatian orang tua dan tidak paham akan agama dan melihat betapa pentingnya pendidikan Islam yang harus diberikan kepada peserta didik, maka lembaga pendidikan formal harus mampu menyelenggarakan dan mewadahi pendidikan Islam tersebut guna menciptakan suasana keagamaan dan pembentukan akhlak yang mulia, dan salah satunya yaitu melalui kegiatan Mentoring untuk menanamkan nilai-nilai Islam yakni bagaimana agar siswa tersebut mempunyai iman dan ketakwaan yang berkualitas sehingga dapat membentuk akhlak yang mulia.Dan ingin mengetahui apakah kegiatan mentoring ini juga meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti yang bersifat deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah SMPIT Khoiru Ummah Curup. Proses penelitian diawali dengan observasi untuk mengatahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar. Selanjutnya, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan naratif atau penjelasan-penjelasan kepada kepala sekolah, guru dan siswa-siswanya. Efektivitas mentoring dilihat dari tiga aspek prestasi belajar yaitu (1) dari aspek kognitif terjadi peningkatan pada nilai PAI. (2) aspek afektif belum terjadi perubahan sikap secara keseluruhan. (3) aspek psikomotorik belum terjadi perubahan dan perlu adanya dukungan dari orang tua dan lingkungan. Jadi mentoring belum begitu efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Veronica, VennyUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRahman, AbdulUNSPECIFIED
ReviewerYanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Mentoring; Prestasi Belajar; PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:27
Last Modified: 25 Oct 2019 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item