Sinamkulo, Cindra (2019) Analisis Minat Masyarakat untuk Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
ANALISIS MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH(Studi Kasus Desa Air Lanang .pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada masa sekarang mendengar kata Bank tidaklah asing lagi bagi kita terutama yang hidup di Daerah perkotaan bahkan di pedesaan sekalipun saat ini kata bank bukan merupakan kata yang asing dan aneh. Bank Syariah adalah Lembaga keuangan yang melaksanakan tiga fungsi utama yaitu, menerima simpanan uang, meminjamkan uang, memberikan jasa dengan menggunakan prinsip syariah. Dalam penelitian ini akan melihat bagaimana minat Masyarakat Desa Air Lanang untuk menggunakan Produk Perbankan Syariah dan apa faktor yang mempengaruhi minat Masyarakat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian campuran/kombinasi (Mixed Methodology) yang menggunakan model penelitian Squential Explonatory Design. Subjek dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, Observasi, Angket (Kuesioner), wawancara dan Dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa minat Masyarakat Desa Air Lanang untuk menggunakan Produk Perbankan Syariah yaitu 36,1% (Kurang Berminat) dan lebih condong kepada Bank Konvensional. Dan faktorfaktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat Desa Air Lanang untuk menggunakan produk Perbankan Syariah yaitu: Pertama, Pengetahuan dan pemahaman tentang produk perbankan syariah masih kurang. Kedua, Jenis pekerjaan dimana bagi Masyarakat yang bekerja di sebuah perusahaan atau Instansi, mereka diwajibkan untuk menggunakan perbankan konvensional untuk menerima gaji. Ketiga, Konsisten dimana Bank Konvensional lebih dulu digunakan oleh masyarakat sehingga faktor telah mengenal lebih lama dan faktor kenyamanan membuat mereka tidak ingin berpindah ke lembaga keuangan atau bank lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Produk Perbankan Syariah; Masyarakat dan Minat | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:27 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:27 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/434 |
Actions (login required)
View Item |