Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an di SD Negeri 4 Rejang Lebong

Devi, Sri and Mustar, Saidil and Karolina, Asri (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an di SD Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SRI DEVI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Banyak bakat anak didik yang tidak berkembang karena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Terlebih dalam masyarakat muslim Indonesia di desa dan perkotaan dengan mudah di jumpai anak-anak remaja muslim yang belum mampu membaca Al Quran. Padahal Al Quran diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Banyak anak-anak yang lebih disibukkan dengan sekolahnya serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al Quran. Para orang tua lebih senang anak-anaknya ikut les matematika, Bahasa Inggris atau penunjang pelajaran mereka di sekolah dibandingkan belajar baca Al Quran. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan tentang (1) perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran di SD Negeri 04 Rejang Lebong (2) pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran di SD Negeri Rejang Lebong (3) dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran di SD Negeri 04 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di SD Negeri 04 Rejang Lebong Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran di SD Negeri 04 Rejang Lebong meliputi kompetensi guru yang mumpuni, pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien dan sarana prasarana yang memadai. (2) pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca AlQuran di SD Negeri 04 Rejang Lebong adalah penerapan metode pembelajaran yang tepat dengan menerapkan metode pembelajaran Ummi, pemberian nasehat dan reward kepada siswa dan kreatifitasan guru dalam mengolah kelas. (3) dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran di SD Negeri 04 Rejang Lebong meliputi meningkatkan prestasi belajar, menumbuhkan akhlak terpuji dan menumbuhkan semangat dalam menuntut ilmu. Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar,Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Devi, SriSrid9vi@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:43
Last Modified: 07 Aug 2023 03:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item