Isabella, Isabella and Nelson, Nelson and Masudi, Masudi (2023) Upaya Guru Pai Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sma N 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI ISABELLA 19531063.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembentukan karakter siswa sangat penting dilakukan, karena saat ini persoalan karakter senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari zaman kezaman. Perkembangan karakter siswa banyak dipengaruhi oleh lingkungannya, siswa memperoleh nilai-nilai yang ada dalam lingkungannya. Dalam mengembangkan karakter religius siswa di sekolah, peranan guru, khusunya guru pendidikan agama Islam begitu penting, guru harus bisa menciptakan lingkungan yang kondusif dan agamis baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Akan tetapi kenyataanya banyak siswa yang belum memiliki karakter religius. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMA N 7 Rejang Lebong. Dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung guru pendididkan agama Islam membentuk karakter religius siswa di SMA N 7 Rejang Lebong. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan deskriptif kulitatif, yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan guru pendidikan agama Islam kelas XI, penelitian ini dilaksankan di SMA N 11 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun tekniknya menganalisis data ialah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, terdapat kesimpulan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa terdapat 3, yaitu: Menggunakan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. Faktor mempengaruhi ada 2 yaitu: 1) Faktor penghambat yaitu: a) Kurang adanya kesadaran dari diir siswa. b) Lingkungan masyarakat (pergaulan). c) Latar belakang siswa yang kurang mendukung. d) Pengaruh media sosial dari handphone dan tayangan televisi. dan 2) Faktor pendukung yaitu: a) Adanya dukungan dan motivasi dari orang tua. b) Adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membentuk karakter religius siswa. c) Adanya dukungan positif di sekitar sekolah. Kata Kunci: Upaya, guru pendidikan agama Islam, karakter religius.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4281 |
Actions (login required)
View Item |