Pembelajaran Fiqih Shalat untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Siswa Kelas VII MTs Negeri 02 Kepahiang)

Jannah, Cintia Nur and Wanto, Deri and Indrawari, Karliana (2023) Pembelajaran Fiqih Shalat untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Siswa Kelas VII MTs Negeri 02 Kepahiang). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
CINTIA NUR JANNAH SKRIPSI FULL.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran fiqih shalat merupakan proses belajar mengajar tentang ajaran islam yang terkait tentang materi shalat dalam segi hukum dan ketentuan syara’. Hal ini dilaksanakan dalam pembelajaran dikelas antara guru dan peserta didik dengan perencanaan serta pelaksanaan pembelajarannya yang telah direncanakan oleh seorang guru Fiqih. Pembelajaran Fiqih diberikan untuk mengenalkan siswa terhadap bagaimana sesungguhnya hukum Islam dan membimbing peserta didik agar memiliki pengetahuan tentang ibadah yang luas dan diharapkan peserta didik tersebut dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran fiqih di MTs Negeri 02 kepahiang dan bagaimana Pelaksanaan pembelajaran fiqih shalat di kelas VII MTs Negeri 02 kepahiang. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan Deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru Fiqih dan peserta didiknya. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1)hdata primer, berkaitan dengan data awal. (2)hdata sekunder, berkaitan dengan data tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan teknik analisis data di lapangan dengan Model Miles dan Huberman yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, pemeriksaan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran fiqih Shalat yang dilaksanakan dikelas VII MTs Negeri 02 Kepahiang diajarkan dengan berbagai macam cara dan alternanif. Pembelajaran dilaksanakan dengan pemberian materi yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran fiqih sangat penting dan besar sekali pengaruhnya terhadap kelangsungan pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran Fiqih shalat ini, dapat dilihat terhadap pelaksanaan ibadah siswa kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang sudah termasuk kategori cukup baik, Dikatakan cukup baik dengan alasan dapat dilihat dari pemahaman materi yang telah diberikan oleh seorang guru Fiqih, sebagian besar siswa dapat membiasakan dan menerapkan shalat berjamaah dilingkungan sekolah, dengan ketentuan-ketentuan fiqih yang telah dipelajari didalam kelas, Namun harus ditingkatkan kembali, Karena tidak semua siswa dalam pelaksanaan shalatnya telah mengikuti sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau hukum syara’ sesuai dengan ilmu fiqih.oleh karena itu harus ditingkatkan lagi supaya ibadah yang dilaksanakan siswa dapat mencapai kata sempurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jannah, Cintia Nurcintianurjanna001@gmail.com
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:51
Last Modified: 04 Aug 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item