Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Semester I Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDit Rabbi Radhiyya

Hardyanti, Venny Siti (2016) Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Semester I Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDit Rabbi Radhiyya. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEMESTER 1 MATA PELAJARAN MATEMAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar, dan mengevaluasi peserta didiknya. Seorang guru harus memiliki kreativitas yang yang tinggi saat melakukan proses belajar mengajar supaya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai bisa terlaksana, dan hasil belajar yang diinginkanpun bisa memuaskan. Guru adalah salah satu figur yang sangatdibutuhkan dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial dibidang pendidikan. Permasalahan pada penelitian ini adalah guru Matematika SDIT Rabbi Radhiyya Curup masih menggunakan model pembelajaran ceramah dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa hanya sebagai pendengar dan penerima dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Semester I Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdit Rabbi Radhiyya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Penelitian dilaksanakan di SDIT Rabbi Radhiyya Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong. Dengan Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas V SDIT Rabbi Radhiyya Curup yaitu kelas VA 26 orang siswa dan kelas VB 25 orang siswa yang seluruhnya berjumlah 51 orang siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 51 orang siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa Kreativitas mengajar guru di SDIT Rabbi Radhiyya Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong dalam kategori yaitu mencapai 37,25% dalam kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa termasuk ke dalam kategori 31,37% dalam kategori sangat baik. Dari hasil korelasi Product moment menunjukkan bahwa Pengaruh Kreativitas mengajar guru SDIT Rabbi Radhiyya dalam kategori lemah atau rendah, dengan hasil 0,23, dapat dikatakan bahwa kreativitas mengajar guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berarti memang sesuai kenyataan yang ada bahwa guru matematika belum memiliki kreativitas mengajar yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah tingkat kreativitas mengajar guru maka semakin rendah pula hasil belajar matematika siswa, dan sebaliknya semakin tinggi tingkat kreativitas mengajar guru maka akan semakin tinggi juga hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hardyanti, Venny SitiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerIfnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
ReviewerPuspitasari, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Mengajar Guru; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:27
Last Modified: 25 Oct 2019 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item