Efektivitas Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Disposisi Matematis Siswa Kelas 5 SDIT Khoiru Ummah

Putri, Janega Kencana and Syaripah, Syaripah and Rahmadeni, Fevi (2023) Efektivitas Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Disposisi Matematis Siswa Kelas 5 SDIT Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Janega Kencana Putri - 19591111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru, siswa tidak memiliki rasa ingin tahu dan antusias terhadap pelajaran Matematika, banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran Matematika dikarenakan karena faktor bosan dan menganggap bahwa Matematika itu sulit, masalah-masalah ini disebut juga rendahnya disposisi matematis siswa. Sebab karenanya dibutuhkan solusi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap disposisi matematis dan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap disposisi matematis siswa kelas 5 SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Desain penelitian terdiri dari satu kelompok (One Group Pretest-Postest) dengan melakukan penyebaran angket awal dan angket akhir. Metode pengumpulan data meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 63 orang dengan sampel 30 orang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam pelaksaksanaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap disposisi matematis siswa kelas 5 SDIT Khoiru Ummah pada pertemuan pertama sampai keempat menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa adalah sangat baik; Disposisi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) yaitu siswa yang memiliki disposisi matematis dengan kategori tinggi sebanyak 23 orang, sedang sebanyak 4 orang dan rendah sebanyak 3 orang. Berdasarkan perhitungan uji paired sampel t test didapatkan thitung sebesar enam koma delapan ratus sembilan puluh empat dan diketahui bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 6,894 > 1,697, yang artinya terdapat keefektivan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap disposisi matematis siswa kelas 5 SDIT Khoiru Ummah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Janega Kencanajanega2001@gmail.com
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:05
Last Modified: 04 Aug 2023 09:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4267

Actions (login required)

View Item View Item