Penerapan Model Vak (Visual, Auditory, Kinestetik) Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas Va SDN 04 Curup Utara

Sundari, Riska (2016) Penerapan Model Vak (Visual, Auditory, Kinestetik) Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas Va SDN 04 Curup Utara. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (ILMU PENG~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses belajar guru mempunyai tugas untuk memilih model yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajran VAK (Visual, auditory, kinestetik) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas VA di SD Negeri 04 Curup Timur pada pokok bahasan Daur Air. Penelitian ini menggunakan jenis True Exsperimental dengan desain Randomized control group Only. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas V SDN 04 Curup Utara yaitu kelas VA 20 orang dan kelas VB 21 orang yang seluruhnya berjumlah 41 orang siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang siswa Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelas dengan hasil pengundian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis pilihan ganda mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Analisis data menggunakan metode analisis statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajran VAK (Visual, auditory, kinestetik) tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas VA di SD Negeri 04 Curup Timur tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini diperoleh dari nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen = 82,5 dan kelompok kontrol = 66,19 sedangkan hasil uji-t diperoleh thitung = 4, 59≥ ttabel (α = 0,05, dk= 39) = 2,03. Oleh sebab itu Ha diterima yaitu artinya ada pengaruh yang signifikan antara model VAK (visual, Auditory, Kinestetik) terhadap hasil belajar siswa kelas VA SDN 04 Curup Utara tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, RiskaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAzwar, BeniUNSPECIFIED
ReviewerKhair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model VAK (Visual, auditory, kinestetik); hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:27
Last Modified: 25 Oct 2019 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item