Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Kelas VII SMP Negeri 05 Lebong

Marselina, Nindi (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Kelas VII SMP Negeri 05 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN KELAS VII SMP NEGERI 05 LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Pada mata pelajaran PAI khususnya kelas VII di SMP Negeri 05 lebong terbagi menjadi 4 bagian salah satunya Al-Qur’an. Mengingat siswa yang baru menduduki bangku sekolah menengah pertama dari berbagai sekolah dasar sebelumnya, sering penulis temukan masih banyak siswa yang kurang fasih membaca Al-Qur’an dan dibutuhkan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an serta perlu diketahui faktor pendukung maupun penghambatnya terkhusus di SMP Negeri 05 Lebong. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Penelitian bertujuan untuk: 1). Menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an kelas VII SMP Negeri 05 Lebong. 2). Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an kelas VII SMP Negeri 05 Lebong. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru adalah: Pertama, Guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan baca AlQur’an, dengan menggunakan strategi Sorogan, Klasikal Individu, Klasikal Baca Simak. Metode yang digunakan metode Iqro’ dan Qiro’ati. Kedua, guru membiasakan baca Al-Qur’an sebelum belajar memulai pelajaran. Ketiga, guru memberikan latihan hapalan untuk anak yang lancar membaca Al-Qur’an dan belajar Jkusus Iqro’ untuk anak yang masih belajar huruf hijaiyyah. Sementara faktor pendukung strategi guru adalah Orang tua, peranan dan perhatian kepala sekolah serta minat dan motivasi siswa untuk terus belajar Al-Qur’an dan faktor penghambat strategi guru adalah keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marselina, NindiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerArcanita, RafiaUNSPECIFIED
ReviewerMasudi, MasudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam; Kemampuan; Baca Al-Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:27
Last Modified: 25 Oct 2019 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item