Analisis Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kepahiang

Mahpiroh, Nada and Asha, Lukman and Idris, Muhammad (2023) Analisis Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
kaset skripsi nada PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan siswa dalam pembelajaran PAI siswa kurang disiplin saat belajar, siswa terlambat saat masuk ke dalam kelas, terlambat mengumpulkan tugas, membuat keributan di kelas, mencontek saat ujian dan berpakaian kurang rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI, apa saja hal-hal yang mempengaruhi sikap kedisiplinan siswa saat belajar di kelas dan seperti apa kendala guru dalam mendisiplinkan siswa saat belajar di kelas serta solusi dari kendala tersebut. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1)hdata primer, berkaitan dengan data awal. (2)hdata sekunder, berkaitan dengan data tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan teknik analisis data di lapangan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, pemeriksaan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa tidak disiplin dalam proses pembelajaran PAI seperti terlambat saat masuk kelas, tidak mengumpulkan tugas, membuat kegaduhan saat belajar dan mencontek saat ujian. (2) Hal-hal yang mempengaruhi sikap kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran PAI ada dua faktor, yaitu: faktor internal yaitu kesadaran diri sendiri, minat dan motivasi dan pola fikir. Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan pertemanan. (3) kendala guru dalam mendisiplinkan siswa saat belajar di dalam kelas, guru tidak bisa berkonsentrasi saat mengajar karena siswa tidak disiplin saat belajar, guru kesulitan untuk memberikan nilai pada siswa karena siswa tidak tepat waktu dan tidak mengerjakan tugas. Solusi dari kendala tersebut adalah guru menggunakan startegi pendekatan kepada siswa secara langsung dan juga guru memberikan keteladanan pada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mahpiroh, Nadamagfirohnada20@gmail.com
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Idris, MuhammadMuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:56
Last Modified: 03 Aug 2023 07:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item