Strategi Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDIT Khoiru Ummah Curup

Viola, Delta and Sutarto, Sutarto and Sahib, Abdul (2023) Strategi Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDIT Khoiru Ummah Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI REVISI 2 SET SIDANG.pdf

Download (4MB)

Abstract

Delta Viola, 19531034, Strategi Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDIT Khoiru Ummah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Tahun 2023, Hal 93 Motivasi Belajar memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banyak cara yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa dalam belajar salah satunya adalah melalui pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pengelolaan kelas, penataan ruangan, mendisiplinkan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subjek penelitian yaitu Kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi penataan ruangan tersebut adalah dengan menata meja dan kursi siswa, meja dan kursi guru, serta perlengkapan kelas lainnya. Adapun strategi guru PAI dalam mendisiplinkan siswa dalam belajar guna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa memuat beberapa indikator yaitu, dibuatnya peraturan, mensosialisasikan peraturan, menerapkan peraturan, dan memberikan sanksi. Strategi guru PAI dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa memuat beberapa indikator yaitu : Menciptakan lingkungan yang nyaman secara fisik dan menciptakan lingkungan yang nyaman secara Psikologis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Viola, Deltadeltaviola01@gmail.com
Sutarto, Sutartosoetartoo74@gmail.com
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:17
Last Modified: 03 Aug 2023 07:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item