Implementasi Etnomedia Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Kelas VI Di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Marisa, Maya and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2023) Implementasi Etnomedia Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Kelas VI Di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI MAYA 122 PDf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana penerapan etnomedia dengan menggunakan Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Aksara Kaganga Rejang Kelas VI Di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. Adapan rumusan masalah adalah bagaimana implementasi etnomedia pembelajaran berbasis budaya lokal dalam penggunaan metode bernyanyi pada pelajaran Aksara Kaganga Rejang, minat siswa dalam penggunaan metode bernyanyi, serta faktor pendukung dan penghambat dengan menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran Muatan Lokal Aksara Kaganga Rejang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang meliputi Kepala Sekolah, Guru Aksara Kaganga, Siswa, Orang Tua dan Masyarakat. Teknik analis data melalui berbagai tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik serta meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam pengimplementasian metode bernyanyi pada mata pelajaran muatan lokal Aksara Kaganga Rejang ini, sebelum pembelajaran dimulai siswa diminta untuk berdo’a terlebih dahulu, kemudian guru mengabsen siswa yang tidak hadir lalu guru memberikan materi dengan cara bernyanyi mengggunakan bahasa Rejang dan menggunakan tulisan Aksara Kaganga Rejang sesuai dengan urutan abjad sehingga siswa mudah memahami pelajaran dan dalam pengimplementasian metode bernyanyi ini sudah berjalan dengan baik (2) minat siswa dalam penerapan metode bernyanyi sangat meningkat dibuktikan dengan nilai siswa yang bagus dan lebih bersemangat dalam belajar. (3) faktor pendukung dalam melaksanakan penerapan metode bernyanyi ini guru menguasai terhadap materi lagu bahasa rejang, minat, situasi dan kondisinya. Dan faktor penghambat penerapan metode bernyanyi ini ialah siswanya kurang tertib dan fasilitas dalam pembelajaran Aksara Kaganga yang kurang mendukung. Kata kunci : Etnomedia, Metode Bernyanyi, Muatan Lokal, dan Aksara Kaganga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marisa, Mayamayamarisa2300@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:46
Last Modified: 03 Aug 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4224

Actions (login required)

View Item View Item