Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 4 Rejang Lebong

Puspita, Rinda and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2023) Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DOC-20230803-WA0010..pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang terjadi sebagian besar siswa belum memilki sikap kepemimpinan seperti malas, belum percaya diri, belum berani mengemukakan pendapat. Berkenaan dengan sikap kepemimpinan tersebut strategi dan pembiasaan yang diimplementasikan guru kelas pada saat pembelajaran sangat berperan penting agar sikap tersebut dapat terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dalam membentuk sikap kepemimpinan disiswa SDN 4 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini isubjek ipenelitian iadalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah data ireduction i(reduksi idata), data idisplay i(penyajian idata), conclusion idrawing/ idata iverification i(penarikan ikesimpulan). Untuk memeriksa keabsahan data, maka dilakukan triangulasi data dengan menggunakan dilakukan dengan triangulisi sumber dan metode yang diperoleh melalui observasi dengan data yang diperlukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas VA SDN 4 Rejang sudah baik, siswa sudah memiliki nilai-nilai yang mencerminkan sikap kepemimpinan seperti nilai kejujuran, nilai demokratis, nilai kedisiplinan, ada juga nilai kemandirian (2) Strategi yang digunakan guru kelas VA untuk membentuk sikap kepemimpinan siswa adalah pembiasaan misalnya membiasakan memberikan contoh kepada siswa bagaimana sikap kepemimpinan yang baik seperti menunjukan sumber belajar yang dibawa guru dengan tujuan memberikan contoh sikap tanggung jawab dan disiplin kepada siswa, kegiatan berkala seperti pemilihan ketua kelas (3) Kendalanya yaitu sikap malas siswa, tidak terbiasa disiplin, keterbatasan dalam mendesain RPP berbasis sikap kepemimpinan siswa serta kesadaran siswa akan pentingnya sikap kepemimpinan Kata kunci: Strategi Guru, Sikap Kepemimpinan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Puspita, Rindarindapspt65@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Subjects: L Education
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:36
Last Modified: 03 Aug 2023 04:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item