Kendala Kurangnya Motivasi Anak Mengaji Di Tpa La-Tahzan Kota Lubuklinggau

Vide Salsabila, Afifa and Rahman, Abdul and Syahindra, Wandi (2023) Kendala Kurangnya Motivasi Anak Mengaji Di Tpa La-Tahzan Kota Lubuklinggau. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
kaset skripsi afifa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi mengaji adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri seseorang yang dapat mendorong seseorang dalam melakukan aktivitas dalam memahami pembelajaran mengaji.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kendala kurangnya motivasi anak mengaji di TPA dan solusi yang dapat dilakukan supaya kendala kurangnya motivasi anak mengaji dapat teratasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini guru TPA, orang tua dan anak. Teknik analisa data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, dengan melakukan trianggulasi data, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut pertama, kendala kurangnya motivasi anak mengaji yaitu kurangnya motivasi pada anak, variasi pendekatan pembelajaran, orang tua tidak punya pengetahuan yang cukup dan kesibukkan orang tua. Keidua, solusi yang dapat dilakukan agar kendala kurangnya motivasi anak meingaji di TPA La-Tahzan dapat teratasi adalah : a) Memberikan pemahaman pentingnya mengaji pada anak b). Meinggunakan metode yang bervariasi c). Meilakukan komunikasi dengan orang tua untuk kerja sama membangun motivasi anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Vide Salsabila, Afifaaflobi28@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:03
Last Modified: 03 Aug 2023 04:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item