Hotima, Nuriyanti and Fadila, Fadila and Yanuarti, Eka (2023) Implementasi Guru Penggerak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Text
Skripsi Nuriyanti Hotima Bab 1 - 5.pdf Download (3MB) |
Abstract
IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KEPAHIANG Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan pergantian pada kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka karena pada saat ini dunia pendidikan sedang memperbaharui sistem kurikulum dengan menerapkan kurikulum merdeka sebagai bentuk evaluasi dari kurikulum 2013 dan menjadikan guru penggerak sebagai guru yang menggerakkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu : Pertama untuk mengetahui implementasi guru penggerak pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Kepahiang. Kedua untuk mengetahui apa saja faktor pendukung implementasi guru penggerak pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Kepahiang. Ketiga untuk mengetahui apa saja faktor penghambat mplementasi guru penggerak pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMP N 2 Kepahiang dan Guru Pendidikan Agama Islam SMP N 2 Kepahiang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menjelaskan implementasi guru penggerak pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kepahiang melalui lima program yang dilaksanakan yaitu : Pertama program pendampingan konsultatif dan asimetris. Kedua program penguantan SDM sekolah. Ketiga pembelajaran dengan pradigma baru. Keempat perencanaan bebasis data. Kelima digitalisasi sekolah. Faktor pendukung yaitu salah satunya fasilitas guru PAI mengajar sedikit memadai dan lokasi yang mendukung serta membuat mading dinding sekolah yang berkaitan dengan profil pelajar pancasila sebagai mading dinding literasi lingkungan sekolah. Faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas pembelajaran yang kurang memadai seperti kapasitas penggunaan wifi yang terbatas dan masih ada beberapa guru yang maih monoton dalam mengajar. Kunci : Implementasi, Guru Penggerak, PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4219 |
Actions (login required)
View Item |