Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di SMK Negeri Tugumulyo

Nopiyanti, Peni and Yanuarti, Eka and Idris, Muhammad (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di SMK Negeri Tugumulyo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI FIKS PENI NOPIYANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari adanya pengamatan di lingkungan sekitar sekolah, yang mengamati bahwa Soft Skill siswa yang ada di SMK Negeri Tugumulyo masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara peningkatan Soft Skill siswa di sekolah ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan yang pertama, Soft Skill siswa di sekolah SMK Negeri Tugumulyo masih sangat rendah, karena sekolah SMK Negeri Tugumulyo merupakan sekolah umum bukan sekolah berbasis agama. Adapun Soft Skill yang akan di tingkatkan adalah pelaksanaan sholat zuhur di sekolah, cara membaca alqur’an dan cara berkomunikasi siswa ketika di sekolah. Yang kedua upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan Soft Skill siswa yaitu upaya yang harus di lakukan guru PAI dalam meningkatkan siswa untuk sholat zuhur di sekolah yaitu dengan mencontohkan kepada para siswanya, dalam membaca al qur’an menjelaskan materi yang berhubungan dnegan sholat 5 waktu tentang betapa bahayanya apabila tidak melaksanakan sholat dan dengan membuat buku absen sholat di sekolah. Dalam meningkatkan kemampuan menbaca al-qur’an siswa yaitu yang dilakukan adalah dengan menyesuaikan suasana kelas dan lingkugan yang ada dan juga peran orang tua yang sangat penting, dan menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap anaknya. Upaya yang harus dilakukan guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan Soft Skill siswa dalam berkomunikasi yang baik di sekolah adalah harus ada kesungguhan dari guru dan kepala sekolah dalam mengajarkan dan meningkat kanya agar peningkatan siswa itu berhasil, dan guru dan kepala sekolah sangat berperan aktif dalam peningkatan Soft Skill di sekolah.Yang ketiga faktor pendukung nya adalah Faktor pendukungnya dalam melaksanakan peningkatan Soft Skill siswa diskolah yaitu, adanya dukungan yang kuat dari pihak sekolah, kepala sekolah, dewan guru serta dukungan dari semua wali murid dan Faktor penghambat dalam proses pembelajaran untuk meningkatan Soft Skill siswa di sekolah yaitu ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor eksternal ini sangat mempengaruhi dalam proses peningkatan Soft Skill siswa kerana menyangkut dalam psikologi anak. Dan faktor internalnya pengaruh dari para teman-temanya dan pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nopiyanti, Peninopiyantipeni6@gmail.com
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:44
Last Modified: 03 Aug 2023 02:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4206

Actions (login required)

View Item View Item