Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Objek Wisata Danau Tes di Kabupaten Lebong

Dipayo, Ilham and Kamil, Pajrun and Alparedi, Topan (2023) Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Objek Wisata Danau Tes di Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
File Kaset Ilham Dipayo.pdf

Download (3MB)

Abstract

Danau Tes merupakan tempat wisata alam yang terletak di dusun adat Kutei Donok dan dusun adat Tes, Danau ini terletak di Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, dan berada di lereng pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Destinasi wisata tersebut merupakan tempat yang sangat sejuk dan alamnya yang masih sangat asri. Akan tetapi, Wisata tersebut mengalami penurunan jumlah pengunjung setiap tahunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi promosi yang dilakukan oleh Objek Wisata Danau Tes dan faktor apa saja yang mendukung serta menghambat proses komunikasi dalam mempromosikan Objek Wisata Danau Tes. Penelitian ini Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer yang dimaksud meliputi, pengelola objek wisata Danau Tes, Kepala Lurah, Pengunjung, Pedagang, Pekerja, serta masyarakat setempat di dekat objek wisata Danau Tes. data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya, akan di dapatkan melalui dokumen jurnal dan buku. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pengelola Objek Wisata Danau Tes melakukan strategi komunikasi sudah cukup maksimal, Strategi dalam mempromosikan Objek Wisata Danau Tes dilakukan dengan melakukan promosi yang dilakukan dari orang satu ke yang dan promosi dari para pihak dinas pariwisata melalui sosialisasi ke masyarakat, serta promosi dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Whatsaap, Insatgram dan lain sebagainya. Akan tetapi, Objek Wisata bertemakan alam merupakan Objek Wisata musiman dimana pengunjung hanya tertarik ketika awal berdirinya Objek Wisata saja. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan Strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Objek Wisata Danau Tes sudah cukup maksimal meskipun selalu mengalami penurunan pengunjung setiap tahunya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dipayo, Ilhamdipayo017@gmail.com
Kamil, Pajrunpajrunkamil@iaincurup.ac.id
Alparedi, Topantopanalparedi@iaincurup.coid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:19
Last Modified: 03 Aug 2023 03:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item