Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Di Iain Curup

Rahmawati, Duwi and Rahman, Abdul and Mina Putra, Muksal (2023) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Di Iain Curup. Sarjana thesis, Institut agama islam negeri.

[img] Text
SKRIPSI TERBAIK SELESAI SIDANG DUWI RAHMAWATI (19511009).pdf

Download (1MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (210kB)

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK YANG BERASAL DARI KELUARGA BROKEN HOME DI IAIN CURUP ABSTRAK Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-6 tahun, pada usia ini pertumbuhan dan perkembangan anak berkembang sangat pesat. Dimana pada usia ini orang tua berperan penting dalam mengembangkan perkembangan anak salah satunya perkembangan sosial emosional anak. Di dalam keluarga yang berlatar belakang broken home perkembangan sosial-emosional anak tidak berkembang dengan baik, maka dari itu pentingnya pengaruh dari orang lain dalam mengembangkan sosial-emosional anak terutama guru di sekolah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi guru dalam mengembangkan sosial-emosional anak yang berasal dari keluarga broken home di TK Tunas Melati IAIN Curup. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis mewawancarai sumber data primer yaitu guru yang mengajar di TK Tunas Melati IAIN Curup. Berdasarkan penelitian ini guru yang mengajar di TK Tunas Melati IAIN Curup mempunyai dua strategi yaitu Strategi Langsung yang meliputi lima strategi yaitu, (pertama melakukan pendekatan, kedua penerapan kedisiplinan pada anak, ketiga memberi semangat pada anak, keempat meningkatkan rasa percaya diri pada anak dan kelima mengendalikan emosi anak), dan Strategi Tidak Langsung yaitu memfasilitasi anak untuk menonton kisah inspirasi. Adapun faktor penghambat sosialemosional anak yaitu faktor keluarga dan ekonomi. Dan faktor pendukung yaitu, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan teman sebaya. Kata Kunci : Strategi Guru, Sosial-Emosional Anak Broken Home

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmawati, DuwiRahmawatiduwi924@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:21
Last Modified: 07 Aug 2023 03:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item