Pengaruh Penerapan Mind Map Terhadap Peningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Meaningfully Di Smpit Khoiru Ummah

Zatulaini, Romi (2019) Pengaruh Penerapan Mind Map Terhadap Peningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Meaningfully Di Smpit Khoiru Ummah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MIND MAP TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEANI~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

“Pengaruh penerapan mind map terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam meaningfully di SMPIT Khoiru Ummah”. Dilatar belakangi oleh pengaruh penerapan mind map yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan kognitif siswa di SMPIT Khoiru Ummah pada pembelajaran PAI dalam penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan: bagaiman penerapan mind map pada pembelajaran PAI meaningfully siswa kelas IX SMPIT Khoiru Ummah (X)? bagaimana peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran PAI meaningfully siswa kelas IX SMPIT Khoiru Ummah (Y)? apakah mind map berpengruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas IX SMPIT Khoiru Ummah pada pembelajaran PAI meaningfully? Tujuan penelitian, mengetahui bagaimana penerapan mind map, untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa dan untuk membuktikan penerapan mind map berpengaruh signifikankan terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa di SMPIT Khoiru Ummah. Penelitian digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel, dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama penerapan Mind Map, bahwa thitung berada diantara d1 dan d2/ daerah penerimaan H0. Maka diterima H0 dan H1 ditolak, dengan demikian bahwa penerapan mind map pada pembelajaran PAI meaningfully kurang baik. Kedua, Peningkatan kemampuan kognitif siswa, bahwa thitung tidak berada diantara d1 dan d2/ daerah penerimaan H0. Maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian bahwa peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran PAI meaningfully dikatakan baik. Ketiga, Berdasarkan hasil tesebut terdapat hubungan antara penerapan mind map terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa di SMPIT Khoiruh Ummah sebesar 43%, sedangakan sisanya 57% di pengaruhi factor lainnya. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan diperoleh rxy dengan angka 0,66 yang terletak pada interval 0,400,70 yang berada pada katagori yang sedang dan cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Zatulaini, RomiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerMustar, SaidilUNSPECIFIED
ReviewerKarolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penerapan mind map; peningkatan kemampuan kognitif.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item