Analisis Implementasi Pendekatan Scientific Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP N 9 Rejang Lebong

Sari, Novita and Harmi, Hendra and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2023) Analisis Implementasi Pendekatan Scientific Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP N 9 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA SARI 19531113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pelaksanaan pendekatan scientific learning dalam mata pelajaran PAI di kelas 8 SMP N 9 Rejang Lebong, dalam penelitian ini membahas bagaimana pelaksanaan pendekatan scientific learning yang dilaksanakan guru PAI, kendala yang dialami guru beserta solusinya dan apakah siswa memiliki keterampilan berpikir kritis pada saat pelaksanaan pendekatan scientific learning di kelas 8 SMP N 9 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang didapatkan berbentuk deskripsi bukan angka. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI kelas 8, wakil kepala sekolah dan 5 orang siswa kelas 8 SMP N 9 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (Reduction), penyajian data (Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Sedangkan Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan pendekatan scientific learning dalam mata pelajaran PAI di kelas 8 SMP N 9 Rejang Lebong menggunakan model pembelajaran discovery learning, dengan 5 langkah ilmiah diantaranya, mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menganalisis informasi dan mengomunikasikan informasi. Kendala yang dialami oleh guru PAI dalam melaksanakan 5 tahapan pendekatan scientific learning adalah pada keadaan dan kondisi siswanya, solusi yang digunakan guru adalah dengan terus memberikan bimbingan dan arahan melalui pembiasaan agar para siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan pendekatan scientific learning dengan baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada saat pelaksanaan pendekatan scientific learning masih dalam tahap berkembang seiring dengan arahan, bimbingan dan pembiasaan dari guru. Kata kunci : Pendekatan Scientific learning, Discovery learning, keterampilan berpikir kritis, SMP N 9 Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Novitanovitasarinvtfm@gmail.com
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Arbaini Wahyuningsih, Wiwinwiwinarbainiw@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:52
Last Modified: 03 Aug 2023 01:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item