Analisis strategi pembelajaran dengan menggunakan metode snowball throwing dalam meningkatkan kreativitas anak pada pembelajaran BI anak kelas 4 MI 14 Muhammadiyah talang ulu

Nur Fadillah, Kurnia and Taqiyuddin, Muhammad and Putrajaya, Guntur (2023) Analisis strategi pembelajaran dengan menggunakan metode snowball throwing dalam meningkatkan kreativitas anak pada pembelajaran BI anak kelas 4 MI 14 Muhammadiyah talang ulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DOC-20230801-WA0011..pdf

Download (46MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan kreativitas anak kemudian tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menggunakan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan kreativitas anak pada pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui apa saja dampak yang dialami guru dalam menerapkan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan kreativitas anak pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan secara langsung dilapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalan penelitian ini yaitu triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian disimpulkan Strategi Pembelajaran dalam menggunakan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan kreativitas anak pada pelajaran Bahasa Indonesia, dimana guru mempunyai rencana, Proses dan juga evaluasi tertentu agar dapat meningkatkan kreativitas anak, Dampak dalam menerapkan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan kreativitas anak pada Bahasa Indonesia, dampak bagusnya dari strategi pembelajaran metode Snowball Throwing ini adalah anak-anak menjadi semangat dan aktif dalam proses pembelajaran dan juag indikator kreativitas yang ada sudah tercapai, seringnya mengajukan pertanyaan yang berbobot, memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu, Mampu berpendapat sendiri dan juga ada beberapa anak yang mempunyai imajinasi yang kuat dalam menulis dan merangkai puisi itu sendiri, dapat belajar bekerja sendiri dan juga kerja sama dalam kelompok, senang mencoba hal-hal baru yang sudah dicontohkan oleh guru, dan juga bentuk interaksi guru terhadap anak-anak terjalanin baik, guru mampu memberikan anak waktu untuk berfikir tanpa ada penilian yang sudah ada, dan dampak tidak bagus dari penerapannya adalah, dalam penerapan metode Snowball Throwing kelas menjadi gaduh karna terdapat pembagian kelompok yang tidak sesuai dengan keinginan anak, serta saat menerapkan metode ini memerlukan waktu yang panjang dan kadang kurang maksimal penerapannya dikarnakan terbatasnya waktu, jadi sebisa mungkin guru mengoptimalkan waktu dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nur Fadillah, Kurniakurnianurfdlh@gmail.com
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:20
Last Modified: 02 Aug 2023 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item