Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas

Rini, Rini and Komalasari, Bakti and Indrawari, Karliana (2023) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DOC-20230802-WA0001..pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena pasca pandemi maka, kreativitas guru Pendidikan Agama Islam harus ditingkatkan kembali untuk membangun semangat dalam proses pembelajaran secara ofline. Proses pembelajaran disini guru memberikan ide-ide terbaru nya atau suatu gagasan yang belum pernah di lakukan dan bukan hanya ide-ide baru saja akan tetapi dengan cara yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara berpikir kritis siswa di SMA Negeri Purwodadi, Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam, serta faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri Purwodadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reaseach) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan subjek penelitian ini ialah Guru Pendidikkan Agama Islam dan siswa kelas X IPA 3, Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) data primer, (2) data sekunder, berkaitan dengan data tambahan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokemuntasi. Penggunaan teknik analisis data di lapangan yaitu : (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) pengambilan kesimpulan. pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Cara berpikir kritis siswa di SMA Negeri Purwodadi ialah siswa mampu menjawab pertanyaan secara langsung dari guru, mampu menganalisis mengenai materi atau pertanyaan yang diberikan guru pada saat proses pembelajaran, menggunakan sumber terpercaya dari buku paket atau buku lain nya mengenai Pendidikan Agama Islam. Disertai dengan interaksi yang baik dilakukan oleh siswa sesama temannya untuk saling membantu. (2) kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Purwodadi dimana di lakukan sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan menggunakan media yang menarik, metode yang sesuai dengan materi, memberikan ice breaking, memberikan motivasi, menghargai karya karya anak,menjadi evaluator yang baik bagi siswanya. (3) Faktor pendukung yang membantu dalam proses pembelajaran guru siap dalam mengajar dibantu media pembelajaran, menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan menarik, agar pembelajaran efektif dan materi tersampaikan maka guru menyesuikan diri terhadap siswa nya agar siswa senang dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rini, Rinirini92229@gmail.com
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:47
Last Modified: 03 Aug 2023 02:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item