Afrizal, Muhammad and Yusra, Ngadri and Hazuar, Hazuar (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kegiatan Shalat Dhuha Di Sekolah Dasar Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Instititut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI MUHAMMAD AFRIZAL (19531098).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya para peserta didik yang masih terpengaruh terhadap lingkungan sekitar, sehingga orang tua dan guru harus menanamkan nilai-nilai pendidikan di rumah atau di sekolah. Dalam Islam, nilai-nilai pendidikan sudah diterapkan sejak dini, salah satunya melalui shalat dhuha. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kegiatan shalat dhuha, nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kegiatan shalat dhuha di Sekolah Dasar Negeri 7 Rejang Lebong, serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan shalat dhuha di Sekolah Dasar Negeri 7 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik penentuan sumber data menggunakan teknik Snowball Sampling. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa di SD Negeri 7 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara, reduksi data, penyajian data dan pengambilan data. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Kegiatan shalat dhuha di SDN 7 Rejang Lebong sejak 2021 dan terus berlangsung hingga saat ini. Shalat dhuha dimulai pukul 07.30-08.00 WIB dilakukan setiap hari , dan ada juga yang melaksanakan di waktu siang atau menjelang siang sama halnya dengan jam 10.00 WIB. 2) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kegiatan shalat dhuha di Sekolah Dasar Negeri 7 Rejang Lebong yaitu, nilai pendidikan jujur, nilai pendidikan displin, nilai pendidikan mandiri. 3) faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Kegiatan Shalat Dhuha Di Sekolah Dasar Negeri 7 Rejang Lebong. Faktor pendukung yang terdapat dalam kegiatan shalat dhuha ini yaitu, tersedia fasilitas yang lengkap, guru berperan aktif dalam melaksakan shalat dhuha, siswa sudah terbiasa dengan shalat dhuha. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, masih kesulitan dalam mengatur siswa saat shalat berjama`ah, faktor dari diri anak itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2023 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4158 |
Actions (login required)
View Item |