Penggunaan Metode Tilawah Evaluasi Sederhana Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Kalibening

Chasanah, Nur and Mahfuz, Mahfuz and Idris, Muhammad (2023) Penggunaan Metode Tilawah Evaluasi Sederhana Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Kalibening. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NUR CHASANAH SELESAI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa santri masih mengalami kesulitan dalam menghafalkan Al-Qur’an, mengalami kesulitan dalam pengulangan (muroja’ah), adanya kejar target hafalan jika tidak mencapai target akan ada kemungkinan untuk dikeluarkan dari asrama, belum bisa menerapkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dari apa yang sudah dihafalkan, serta adanya keterbatasan waktu yang tersedia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penggunaan metode Tilawah Evaluasi Sederhana dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Kalibening dan faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif atau jenis penelitian lapangan. Data yang diperoleh berasal dari data primer dan data skunder. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Ustad Aidil, S. Pd selaku guru tahfidz dan Santri Kelas XI Lokal B. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data dan penyajian data, serta teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Penggunaan metode Tilawah Evaluasi Sederhana dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Kalibening dijalankan dengan meliputi beberapa tahapan yaitu: perencanaan yang terdiri dari berdo’a, muraja’ah, hafalan, teknik setoran serta tahap evaluasi dengan tes lisan, santri menyetorkan hafalan secara langsung di depan Ustad. Penerapan metode Tilawah Evaluasi Sederhana di Pondok Tahfidz Kalibening terdapat keunikan yaitu adanya teknik memahami arti. Faktor pendukung Penggunaan metode Tilawah Evaluasi Sederhana: niat yang tulus, kecerdasan intelektual tinggi dan adanya guru/pembimbing. Faktor penghambat Penggunaan metode Tilawah Evaluasi Sederhana yaitu: pengaruh teman sebaya, lemahnya motivasi, pengaruh penggunaan musik, kurang bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an, pengaruh gangguan asmara, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Chasanah, Nurnurchasaah1127@gmail.com
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:55
Last Modified: 02 Aug 2023 03:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item