Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 52 Rejang Lebong

Anggraini, Nella and Harmi, Hendra and Gunawan, Guntur (2023) Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 52 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di SDN 52 Rejang Lebong meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada. Penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas I dan IV, yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik, menyesuaikan materi pembelajaran dengan berbagai metode, menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran, memperoleh sumber pembelajaran, dan melakukan kegiatan penilain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tematik berbasis kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 52 Rejang Lebong, 2). Untuk mengetahui Kendala dalam penerapan pembelajaran tematik berbasis kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 52 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah analisis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas I, IV dan Siswa Kelas I, dan IV di SD Negeri 52 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji krediabilitas dengan triangulasi sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh selama penelitian dengan sumber-sumber yang berkaitan data penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di SDN 52 Rejang Lebong sudah menerapkan pembelajaran tematik berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, pembelajaran berbasis tematik, raport, ATP dan Modul Ajar dikerjakan berkelompok. Kedua, Kesulitan menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan strategi pembelajaran, minimnya kemampuan menggunakan teknologi, terbatasnya buku siswa, kurangnya kemampuan dan kesiapan menggunakan metode dan media pembelajaran, materi ajar terlalu luas, menentukan proyek kelas I dan IV, kurangnya alokasi waktu pembelajaran berbasis proyek, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran berbasis proyek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Nellanellaanggraini00@gmail.com
Harmi, Hendrahendra3_harmi@yahoo.co.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:59
Last Modified: 03 Aug 2023 02:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item