Pengaruh Penggunaan BSI Mobile dan (ATM) Automatic Teller Machine terhadap Kepuasan Nasabah BSI

M, Arlin and Noprizal, Noprizal and Fitmawati, Fitmawati (2023) Pengaruh Penggunaan BSI Mobile dan (ATM) Automatic Teller Machine terhadap Kepuasan Nasabah BSI. Sarjana thesis, Institut agama islam negeri.

[img] Text
M Arlin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan BSI Mobile dan (ATM) Automatic Teller Machine terhadap Kepuasan Nasabah BSI Oleh : M. Arlin NIM. 17691059 Abstrak : Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di Bank Syariah Indonesia KCP Curup menunjukkan bahwa dalam menggunakan fasilitas ATM dan BSI Mobile belum dapat digunakan secara maksimal. Terbukti dalam penggunaan mesin ATM yang tidak dapat digunakan pada saat bertransaksi di malam hari. Tentunya akan menghambat para nasabah yang ingin bertransaksi di malam hari. Kemudian dalam penggunaan BSI Mobile tentunya ada keterbatasan nominal saat ingin bertransaksi. Tentunya hal seperti ini akan sangat mempengaruhi terhadap tingkat kepuasan nasabah. Jika, Bank Syariah Indonesia KCP Curup memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas ATM dan BSI Mobile maka kepuasan nasabah dalam penggunaan ATM dan BSI Mobile dapat tercapai dengan baik dan nasabah akan merasa puas dan akan terus menggunakan ATM dan BSI Mobile. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan diskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak kurang lebih 6000 nasabah pengguna ATM dan BSI Mobile KCP Curup. Sampel penelitian ditarik dengan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sampel 20 orang nasabah. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara BSI Mobile (X1) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4.202 > 2.110 atau sig 0,001 > 0,05, kontribusi variabel BSI Mobile (X1) mampu menjelaskan variabel kepuasan nasabah sebesar 49,5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Automatic Teller Machine (X2) dan kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3.815 > 2.110 atau sig 0,001 > 0,05, kontribusi variabel fasilitas Automatic Teller Machine mampu menjelaskan vaiabel kepuasan nasabah sebesar 44,7%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara BSI Mobile dan Automatic Teller Machine secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dengan nilai RSquare sebesar 0,501 dengan kontribusi variabel BSI Mobile (X1) dan Automatic Teller Machine (X2) mampu menjelaskan vaiabel kepuasan nasabah sebesar 50,1% sementara sisanya 49,9% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Kata Kunci : BSI Mobile, Automatic Teller Machine (ATM), Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
M, ArlinMuhammadarlin64@gmail.com
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Fitmawati, FitmawatiFitmawati@iain.curup.co.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:38
Last Modified: 01 Aug 2023 07:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item