Hubungan Antara Emosi Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMA N 1 Pasemah Air Keruh)

Dewi, Wetri (2016) Hubungan Antara Emosi Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMA N 1 Pasemah Air Keruh). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA EMOSI GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SISWA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 ~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya emosi guru merupakan satu hal yang sangat penting bagi manusia dalam kehidupannya. Emosi guru yang memiliki disiplin tinggi, dan emosi guru yang baik, guru dan karyawan yang berkompeten serta sarana dan prasarana pendukung yang lengkap tentunya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap keberhasilan belajar. Di dalam emosi guru yang baik haruslah dapat menciptakan suatu relasi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa secara baik, karena dengan adanya relasi emosi yang baik dapat mempengaruhi perilaku siswa. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran emosi guru yang baik harus senantiasa membangkitkan perilaku siswa yang baik juga. Permasalahan pada penelitian ini adalah emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh belum baik dan juga peneliti melihat bahwa perilaku siswa di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh tergolong kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui perilaku siswa dan membuktikan bahwa emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh dengan perilaku siswa di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X1-X5 di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh sebanyak 125 siswa. Dari populasi 125 siswa maka dari itu sampelnya 10% dari 125 orang. Jadi sampelnya adalah 83 siswa. Dalam pengumpulan datanya digunakan Observasi, Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Jawaban yang diperoleh dinilai dengan memberikan skor sehingga data yang diperoleh dianalisis dan dapat diambil kesimpulan. Setelah data dianalisis dan diolah maka dapat diketahui bahwa emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hasilnya dikategorikan sangat takut, yaitu sebanyak 31 orang (37,34%) dan perilaku siswa hasilnya dikategorikan sangat setuju, yaitu sebanyak 26 orang (31,32%). Sedangkan emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh dengan perilaku siswa dikategorikan sedang atau cukup dengan nilai 0,59 dengan kata lain hubungan antara emosi guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dewi, WetriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHakim, Ihsan NulUNSPECIFIED
ReviewerPuspitasari, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Guru; Mengendalikan Emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item