Oktaria, Tiwi and Ifnaldi, Ifnaldi and Nurjannah, Nurjannah (2023) Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa-siswi di SMKN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Tiwi Oktaria (19531183).pdf Download (11MB) |
Abstract
PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA-SISWI DI SMKN 3 REJANG LEBONG Abstrak Keprofesionalan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran sangat dibutuhkan. Guru dituntut memiliki konsep yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran, di SMKN 3 Rejang Lebong, ada guru PAI yang telah melaksanakan PPG. Untuk itu setelah melaksanakan PPG apakah ada peningkatan yang terjadi didalam pembelajaran. Apakah guru mampu menciptakan mutu pembelajaran yang berkualitas. Tujuan dari penelitian untuk melihat : (1) Bagaimana Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Pada Siswa Di SMKN 3 Rejang Lebong (2) Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Profesional Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Pada Siswa Di SMKN 3 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, dan siswa di SMKN 3 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Mutu Pembelajaran PAI di SMKN 3 Rejang Lebong sudah cukup baik dimana dalam pembelajaran PAI peserta didik sudah berperan aktif dalam pembelajaran dan media yang digunakan sudah cukup menarik dan sudah tercipta pembelajaran yang aktif dan efektif. (2) Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Di SMKN 3 Rejang Lebong sudah cukup baik dimana dapat dilihat dari (a) Kemampuan guru PAI mengikuti Pelatihan dan Workshop atau Webinar Keguruan, (b) Kualitas guru PAI sudah Tersertifikasi dan Jenjang Pendidikan S2, (c) Sarana prasarana yang sudah cukup memadai, (d)Jumlah SDM guru PAI sudah cukup baik dalam peningkatan mutu Pembelajaran, (e)Teknologi informasi yang sudah tersedia berupa Lab Komputer, dan (f) Keandalan dari guru PAI yang sudah cukup baik dalam peningkatan mutu pembelajaran. (3) Faktor yang mempengaruhi guru Profesional dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI berupa (a) sarana prasarana, (b) minat siswa, (c) situasi dan kondisi siswa. Serta faktor Penghambatnya berupa (a) sikap dan tingkah laku peserta didik, (b) ketidakkosentrasian peserta didik dan (c) faktor lingkungan belajar. Kata Kunci : Profesionalisme, Guru, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4120 |
Actions (login required)
View Item |