Usaha Orang Tua Tunggal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama islam di desa sambirejo kecamatan selupu rejang (Studi Komparasi Orang Tua Tunggal Ayah dan Ibu)

Astuti, Weni (2016) Usaha Orang Tua Tunggal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama islam di desa sambirejo kecamatan selupu rejang (Studi Komparasi Orang Tua Tunggal Ayah dan Ibu). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
USAHA ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN SELUPU REJANG (Studi Komparas~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang skripsi ini yaitu kita ketahui bahwa sebagai orang tua tunggal memiliki peran tambahan di dalam keluarga, mereka harus menjadi ayah sekaligus ibu dan begitupun sebaliknya. Bagi orang tua tunggal tentu mereka merasa kesulitan dalam menanamkan Pendidikan Agama karena disamping mereka harus mengurus semua pekerjaan sendiri, mencari nafkah mereka juga harus dapat menanamkan Pendidikan Agama Islam. Tentu saja ketika ayah menjadi seorang orang tua tunggal pasti usaha dalam memberikan pendidikan agama berbeda dengan orang tua tunggal ibu dalam memberikan pendidikan kepada anak. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Bagaimana usaha orang tua tunggal ayah dan ibu dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam pada anak di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana usaha orang tua tunggal ayah dan ibu dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam terhadap anak di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang, sehingga dapat diketahui bagaimana perbedaan usaha orang tua tunggal antara ayah dan ibu. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data : wawancara, dokumentasi dan juga observasi. Dalam penelitian yang bertindak sebagai responden ayah tunggal berjumlah 3 orang dan ibu tunggal 5 orang. Dan juga menggunakan analisa data dengan langkah-langkahnya adalah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil setelah penelitian di lapangan selesai, melalui pengumpulan data maka hasil ini dapat disimpulkan bahwa usaha orang tua tunggal dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang (studi komparasi orang tua tunggal ayah dan ibu), Jadi kesimpulannya seorang ibu tunggal dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam dengan cara menasehati dan juga lebih memperhatikan apa yang dilakukan dan yang seharusnya tidak dilakukan seorang anak, sedangkan ayah tunggal hanya lebih menasehati anak saja. Harapan yang dinginkan oleh peneliti adalah agar orang tua tunggal lebih menanamkan Pendidikan Agama agar menjadikan anak beriman dan bertaqwa serta terciptanya akhlak yang mulia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti, WeniUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAzwar, BeniUNSPECIFIED
ReviewerSuprapto, SupraptoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komparasi; Usaha; Orang Tua Tunggal; Pendidikan Agama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 25 Oct 2019 04:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item